Monday, July 7, 2008

PURCHASING OFFICER PROGRAM

Kamis - Jumat, 24 - 25 Juli 2008, pukul 09:00 - 16:30 WIB
Harris Hotel Tebet / The Park Lane Hotel Casablanca

Bonus : Flashdisk 1 GB.

Workshop Description
Masa lalu, fungsi procurement atau purchasing atau pengadaan barang dianggap sebagai fungsi yang tidak berpengaruh signifikan dalam peningkatan laba. Sebab tugas pembelian dianggap tidak membutuhkan keahlian apapun. Posisi pembeli selalu lebih kuat sehingga bisa mendikte supplier. Selain itu fungsi pembelian dinilai sebagai bukan fungsi yang strategis karena hanya menghabiskan biaya dalam pembelian.

Namun kini saat kompetisi kian ketat dan perusahaan dituntut untuk membuat barang yang murah namun berkualitas baik, maka fungsi pembelian diharapkan tidak hanya sekedar membeli. Namun harus membeli barang yang baik dari supplier yang dengan kualita, harga murah, dan tepat waktu sesuai dengan saat dibutuhkannya. Karenanya kini fungsi pembelian dianggap sebagai salah satu fungsi yang strategis dalam perusahaan.

Ini jelas bukanlah pekerjaan yang mudah. Sebab dibutuhkan tidak sekedar karyawan yang cakap, namun juga perubahan paradigma dalam bertindak. Karyawan yang cakap akan membuat administrasi purchasing menjadi rapi dan negosiasi dengan supplier akan berjalan lancar. Namun perubahan paradigma akan membuat bagian procurement dari awal sudah mendesain system procurement yang baik dalam upaya cost reduction. Dari mulai desain produk, pemilihan supplier dengan hubungan jangka panjang, hingga minimalisasi klaim terhadap supplier. Karena bagaimanapun, klaim merupakan aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah dan cenderung akan menambah biaya, walau biaya tersebut mungkin saja bisa dibebankan kepada supplier.

Training ini bertujuan untuk membekali peserta kemampuan dalam peorganisasian procurement yang effektif dan efisien. Sehingga dapat berperan serta dalam penurunan biaya, menghasilkan barang yang baik, dan peningkatan laba perusahaan

Metode Pelatihan :
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.

Outline

  1. PROCUREMENT : MASA LALU, KINI DAN ESOK
  2. PURCHASING : A DYNAMIC PROFESSION
  3. PERUBAHAN PARADIGMA DALAM PROCUREMENT : DARI COST CENTER MENJADI PROFIT
    CENTER
  4. VENDOR SELECTION : TOBE LONG TERM RELATIONSHIP VENDOR
  5. PROCUREMENT ACTIVITY : DARI PEMBUATAN PURCHASING ORDER HINGGA MONITORING
    SUPPLIER
  6. ANALISA PENENTUAN KEPERLUAN DAN KEBUTUHAN : MATERIAL FORECASTING
  7. POCUREMENT PRINCIPLES : RIGHT QUALITY, RIGHT QUANTITY, RIGHT PRICE, RIGHT
    SOURCE, RIGHT TIME, RIGHT PLACE
  8. PROCUREMENT DI MASA DEPAN : WORD CLASS PURCHASING
  9. PROCUREMENT DALAM SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
  10. SUPPLIER DEVELOPMENT , SUPPLIER EVALUATION AND GATHERING
  11. STRTEGIC FOCUS AND FIVE MAJOR DEVELOPMENTS IN PROCUREMENT
  12. PENGARUH PERATURAN LOCAL DAN INTERNASIONAL DALAM PROCUREMENT
  13. PENENTUAN DAN PENGENDALIAN HARGA OLEH DEPARTEMEN PROCUREMENT
  14. PEMBUATAN KONTRAK DAN NEGOSIASI DENGAN SUPPLIER
  15. E-PROCUREMENT
  16. PROCUREMENT ETHICS
  17. BEST PRACTICES IN PROCUREMENT

Who should attend ?
Public

Investasi : Rp 2.500.000,-
Include : Lunch, 2x Coffee Break, Modul, & Certificate Of Accomplishment

Course Leader

Agus Hendri, SE, Ak
Praktisi manajemen akunting & keuangan serta manufacturing, Senior Chief Finance & Accounting PT Astra Otoparts, Tbk. Internal trainer cost accounting. Pembicara diberbagai universitas. Pernah bekerja di PT. Astra Agro Lestari, Tbk, “Kumala Hadi & Rekan” Public Accountant dan PT Astra Otoparts, Tbk.

Link lain : http://www.binamanajemen.com/view.php?course=115
Pendaftaran : http://www.binamanajemen.com/registration.php?course=115

No comments: